Monday 3 April 2017

SISTEM INFORMASI BERBASIS INTERNET

A.    Konsep E-Business

E-business merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semi otomatis  menggunakan teknologi elektronik yang memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel.

7 Strategi taktis dalam e-business

1.      Fokus
Produk-produk yang dijual diinternet harus menjadi bagian yang fokus dari masing-masing manajer produk
2.      Banner berupa teks
Respons dari banner berupa teks jauh lebih tinggi dari banner yang berupa gambar.
3.      Ciptakan 2 level afiliasi
Memiliki distributor penjualan utama dan agen penjualan kedua yang membantu bisnis.
4.      Manfaatkan kekuatan e-mail
5.      Menulis artikel
kebanyakan penjualan adalah hasil dari proses edukasi/sosialisasi sehingga produk dipasarkan melalui tulisan yang informative
6.      Lakukan e-marketing (pemasaran secara online)
7.      Komunikasi instan.
Terus mengikuti perkembangan dari calon pelanggan untuk menjaga kepercayaan.

Dimensi Ruang Lingkup E-business

Dimensi ruang lingkup e-business dijelaskan dengan prinsip 4w (What,Where,Who,Why). (Efram Turban)
1.      What
Collaboration, Transaction, Information
2.      Who
value network,customers, firm
3.      Why
Transformational outcomes, Relationship outcomes,Cost outcomes
4.      Where
Hosted In-House, Hosted Remotely,Hosted Anywhere

Keunggulan kompetitif dengan pemanfaatan E-Business

1.      Pada level Operasional, mudah bagi perusahaan untuk meniru model bisnis dari perusahaan lain yang telah sukses.
2.      Perusahaan mampu melayani pelanggan selama 7 hari seminggu dan 24 jam sehari.
3.      Rendahnya switching cost (kemudahan mereka berinteraksi/berpindah- pindah perusahaan dengan biaya murah)
4.      Internetworking memaksa perusahaan untuk bekerjasama dengan berbagai mitra bisnis untuk dapat menawarkan produk/jasa secara kompetitif.

Keuntungan E-Business

1.      Revenue stream (aliran pendapatan)yang lebih menjanjikan
2.      Dapat meningkatkan market exposure(pangsa pasar)
3.      Menurunkan biaya operasional (operating cost)
4.       Melebarkan jangkauan (global reach)
5.       Meningkatkan customer loyality
6.      Meningkatkan supplier management
7.      Memperpendek waktu produksi
8.      Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan)

Contoh e-business

1.      Surat elektronik (E-mail)
2.      Surat suara (voice mail)
3.      Sistem percakapan tertulis (Chating)
4.      Forum diskusi,
contoh KapanLagi.com, KASKUS.com
5.      Video conference

B.     Konsep E-commerce

E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama (Robert E. Johnson) E-commerce merupakan bagian dari ebusiness, dimana e-business lebih luas cakupannya tidak hanya sekedar perniagaan tetapi juga mencakup pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, dan lowongan pekerjaan.

Jenis-Jenis E-Commerce

1.      Business to business (B2B)
B2B menggambarkan transaksi perdagangan antara perusahaan, B2B juga digunakan dalam konteks komunikasi dan kolaborasi. Transaksinya menggunakan EDI (Electronic Data Interchange) sbg pertukaran data antara komputer antar berbagai organisasi)dan email untuk pembelian barang dan jasa, informasi & konsultasi.
Contoh:transaksi antara produsen dan grosir.

Manfaat dan Keunggulan B2B adalah
a.   Hemat waktu dan praktis menu dalam situs layanan B2B khusus menyediakan produk pelanggan terkait, tanpa harus mencari di katalog produk.
b.      Efektif dan efisien, pelanggan B2B tidak perlu melewati proses negosiasi harga yang panjang, karena sudah disepakati di awal.
c.       Keuntungan yang besar mengurangi biaya administrasi, surat menyurat transaksi/ riset harga pasar.
d.      Kerahasiaannya aman dan terjamin
e.       Transaksi yang transparan.

2.      Business to Costumer (B2C)
     Kegiatan e-business dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang/jasa (transaksi pasar).
Keuntungan B2C :
a.       Penawaran harga dapat berubah sewaktu-waktu
b.      Berbelanja dapat lebih cepat dan mudah
c.       Layanan call center tercantum dalam web site
Contoh perusahaan yang melayani B2C:
www.dell.com, www.amazon.com,
www.cisco.com, www.drugstore.com

3.      Costumer to Costumer (C2C)
Karakteristik C2C adalah :
a.       Pada lingkup konsumen ke konsumen bersifat khusus karena transaksi yang dilakukan hanya antar konsum
      contoh:lelang barang.
b.      Internet sebagai sarana tukar menukar informasi tentang produk,harga,kualitas dan pelayanan
c.       Konsumen membentuk komunitas pengguna/penggemar suatu produk.

4.      Costumer to Business (C2B)
    C2B merupakan model bisnis dimana konsumen menciptakan nilai, dan perusahaan mengkonsumsi nilai ini.
Contoh:
perdagangan elektronik model bisnis, dimana konsumen dapat menawarkan produk dan layanan untuk perusahaan dan perusahaan membayar mereka.

1 comment:

  1. Bet365 Casino & Promos 2021 - JTM Hub
    Full list of Bet365 1xbet 먹튀 Casino & Promos · Up 출장안마 to £100 casinosites.one in Bet Credits for new customers at bet365. Min deposit £5. Bet Credits available https://deccasino.com/review/merit-casino/ for use upon settlement of bets to www.jtmhub.com value of

    ReplyDelete

JANGAN PERNAH IKUT-IKUTAN GAYA ORANG KAFIR !!! BAHAYA BANGET....

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Oleh : Muhammad Abduh Tuasikal Saat ini muslim tidak lagi punya kekhasan sendiri...