A. Konsep E-Business
E-business
merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semi otomatis menggunakan teknologi elektronik yang memungkinkan
suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan
eksternal secara lebih efisien dan fleksibel.
7 Strategi taktis dalam e-business
1.
Fokus
Produk-produk
yang dijual diinternet harus menjadi bagian yang fokus dari masing-masing
manajer produk
2.
Banner berupa teks
Respons
dari banner berupa teks jauh lebih tinggi dari banner yang berupa gambar.
3.
Ciptakan 2 level afiliasi
Memiliki
distributor penjualan utama dan agen penjualan kedua yang membantu bisnis.
4.
Manfaatkan kekuatan e-mail
5.
Menulis artikel
kebanyakan
penjualan adalah hasil dari proses edukasi/sosialisasi sehingga produk
dipasarkan melalui tulisan yang informative
6.
Lakukan e-marketing (pemasaran secara
online)
7.
Komunikasi instan.
Terus
mengikuti perkembangan dari calon pelanggan untuk menjaga kepercayaan.
Dimensi Ruang Lingkup E-business
Dimensi
ruang lingkup e-business dijelaskan dengan prinsip 4w (What,Where,Who,Why).
(Efram Turban)
1.
What
Collaboration,
Transaction, Information
2.
Who
value
network,customers, firm
3.
Why
Transformational outcomes,
Relationship outcomes,Cost outcomes
4.
Where
Hosted In-House, Hosted
Remotely,Hosted Anywhere
Keunggulan kompetitif dengan pemanfaatan E-Business
1.
Pada level Operasional, mudah bagi
perusahaan untuk meniru model bisnis dari perusahaan lain yang telah sukses.
2.
Perusahaan mampu melayani pelanggan
selama 7 hari seminggu dan 24 jam sehari.
3.
Rendahnya switching cost (kemudahan
mereka berinteraksi/berpindah- pindah perusahaan dengan biaya murah)
4.
Internetworking memaksa perusahaan untuk
bekerjasama dengan berbagai mitra bisnis untuk dapat menawarkan produk/jasa secara
kompetitif.
Keuntungan E-Business
1.
Revenue stream (aliran pendapatan)yang
lebih menjanjikan
2.
Dapat meningkatkan market
exposure(pangsa pasar)
3.
Menurunkan biaya operasional (operating
cost)
4.
Melebarkan jangkauan (global reach)
5.
Meningkatkan customer loyality
6.
Meningkatkan supplier management
7.
Memperpendek waktu produksi
8.
Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan)
Contoh e-business
1. Surat
elektronik (E-mail)
2. Surat
suara (voice mail)
3. Sistem
percakapan tertulis (Chating)
4. Forum
diskusi,
contoh
KapanLagi.com, KASKUS.com
5. Video
conference
B. Konsep E-commerce
E-commerce
merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan
menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama (Robert E.
Johnson) E-commerce merupakan bagian dari ebusiness, dimana e-business lebih
luas cakupannya tidak hanya sekedar perniagaan tetapi juga mencakup pengkolaborasian
mitra bisnis, pelayanan nasabah, dan lowongan pekerjaan.
Jenis-Jenis E-Commerce
1.
Business to business (B2B)
B2B menggambarkan
transaksi perdagangan antara perusahaan, B2B juga digunakan dalam konteks
komunikasi dan kolaborasi. Transaksinya menggunakan EDI (Electronic Data Interchange)
sbg pertukaran data antara komputer antar berbagai organisasi)dan email untuk
pembelian barang dan jasa, informasi & konsultasi.
Contoh:transaksi antara
produsen dan grosir.
Manfaat dan Keunggulan
B2B adalah
a. Hemat waktu dan praktis menu dalam situs
layanan B2B khusus menyediakan produk pelanggan terkait, tanpa harus mencari di
katalog produk.
b.
Efektif dan efisien, pelanggan B2B tidak
perlu melewati proses negosiasi harga yang panjang, karena sudah disepakati di
awal.
c.
Keuntungan yang besar mengurangi biaya administrasi,
surat menyurat transaksi/ riset harga pasar.
d.
Kerahasiaannya aman dan terjamin
e.
Transaksi yang transparan.
2.
Business to Costumer (B2C)
Kegiatan e-business dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang/jasa (transaksi pasar).
Kegiatan e-business dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang/jasa (transaksi pasar).
Keuntungan B2C :
a.
Penawaran harga dapat berubah
sewaktu-waktu
b.
Berbelanja dapat lebih cepat dan mudah
c.
Layanan call center tercantum dalam web
site
Contoh perusahaan yang
melayani B2C:
www.dell.com,
www.amazon.com,
3.
Costumer to Costumer (C2C)
Karakteristik C2C
adalah :
a.
Pada lingkup konsumen ke konsumen bersifat
khusus karena transaksi yang dilakukan hanya antar konsum
contoh:lelang
barang.
b.
Internet sebagai sarana tukar menukar informasi
tentang produk,harga,kualitas dan pelayanan
c.
Konsumen membentuk komunitas pengguna/penggemar
suatu produk.
4.
Costumer to Business (C2B)
C2B
merupakan model bisnis dimana konsumen menciptakan nilai, dan perusahaan mengkonsumsi
nilai ini.
Contoh:
perdagangan
elektronik model bisnis, dimana konsumen dapat menawarkan produk dan layanan
untuk perusahaan dan perusahaan membayar mereka.
Bet365 Casino & Promos 2021 - JTM Hub
ReplyDeleteFull list of Bet365 1xbet 먹튀 Casino & Promos · Up 출장안마 to £100 casinosites.one in Bet Credits for new customers at bet365. Min deposit £5. Bet Credits available https://deccasino.com/review/merit-casino/ for use upon settlement of bets to www.jtmhub.com value of