Pengertian Analisis
Analisis merupakan kajian yang
dilakukan guna untuk mengetahui strukturnya secara lebih mendalam. Analisis
membutuhkan kegiatan/tenaga lebih
ekstra untuk memahami suatu masalah secara lebih mendetail.
Pengertian Proses
Proses merupakan urutan pelaksanaan atau kejadian yang
terjadi secara alami atau didesain, mungkin menggunakan waktu, ruang, keahlian
atau sumber daya lainnya, yang menghasilkan suatu hasil.
Proses terdiri dari 2 (dua) jenis:
-
Proses Alami:
Proses yang berjalan dengan sendiri tanpa
didesain, seperti: proses penyerbukan bunga.
-
Proses Didesain:
Proses berjalan yang didesain, seperti: proses pendaftaran mahasiswa.
Proses ini didesain oleh Bagian Pendaftaran di UMK.
Pengertian Bisnis
Bisnis dapat diartikan mencari/mendapatkan keuntungan. Bisnis merupakan suatu
organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya,
untuk mendapatkan keuntungan.
Pengertian Proses Bisnis (1)
1.
Definisi dari Hammer dan Champy’s (1993):
“kumpulan
aktivitas yang membutuhkan satu atau lebih inputan dan menghasilkan output yang
bermanfaat/bernilai bagi pelanggan”
2. Proses bisnis adalah suatu kumpulan aktivitas atau pekerjaan terstruktur
yang saling terkait untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu atau
yang menghasilkan produk atau layanan (demi meraih tujuan tertentu. Suatu
proses bisnis dapat dipecah menjadi
beberapa subproses yang masing-masing memiliki atribut sendiri
tapi juga berkontribusi untuk mencapai tujuan dari superprosesnya.
Pengertian Analisa Proses Bisnis
Analisis Proses Bisnis adalah Kajian yang dilakukan untuk mengetahui
urutan pelaksanaan dalam suatu organisasi yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dengan
menggunakan berbagai sumber daya. Analisis proses bisnis umumnya
melibatkan pemetaan proses
dan subproses di dalamnya hingga tingkatan aktivitas atau kegiatan.
Karakteristik Proses Bisnis
a. Definitif
Definitif adalah suatu proses bisnis harus memiliki
batasan, masukan, serta keluaran yang jelas.
b. Urutan
Urutan adalah suatu proses bisnis harus terdiri dari
aktivitas yang berurut sesuai waktu dan ruang.
c. Pelanggan
Pelanggan adalah suatu proses bisnis harus mempunyai
penerima hasil proses.
d. Nilai tambah
Nilai tambah adalah transformasi yang terjadi dalam
proses harus memberikan nilai tambah pada penerima.
e. Keterkaitan
Keterkaitan adalah suatu proses tidak dapat berdiri sendiri, melainkan
harus terkait dalam suatu struktur organisasi.
f. Fungsi silang
Fungsi silang adalah suatu proses umumnya, walaupun
tidak harus, mencakup beberapa fungsi.
g. Pemilik proses
Pemilik proses adalah orang yang bertanggung jawab
terhadap kinerja dan pengembangan berkesinambungan dari proses, juga dianggap
sebagai suatu karakteristik proses bisnis.
Tipe Proses Bisnis
Terdapat tiga jenis proses bisnis:
- Proses manajemen, yakni proses yang mengendalikan operasional dari
sebuah sistem. Contohnya semisal Manajemen Strategis
-
Proses operasional, yakni proses yang meliputi bisnis inti dan
menciptakan aliran nilai utama. Contohnya semisal proses pembelian, manufaktur,
pengiklanan dan pemasaran, dan penjualan.
- Proses pendukung, yang mendukung proses inti. Contohnya semisal
akunting, rekruitmen, pusat bantuan.
sangat menarik
ReplyDeleteMy Blog
Apa maksud dari analisis proses bisni harus memiliki batasan.
ReplyDelete